Selasa, 12 Juli 2016

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya



Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Agya - Toyota Agya merupakan salah satu dari sekian banyak city car yang diposisikan sebagai pemain dalam segmen LCGC. Pertama kali dikenalkan di pergelaran otomotif Indonesian Motor Show (IIMS) pada tahun 2012 bersamaan dengan kembarannya, Daihatsu Ayla. Saat itu, Agya menjadi bahan perbincangan yang krusial. Mengingat sebelumnya Toyota telah mengenalkan Toyota Etios Valco yang juga dibanderol dengan harga murah.

Toyota Agya dijual secara resmi di tahun 2013. Dengan berlandaskan mobil ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar yang sangat tinggi. Terbukti, penjualannya hingga saat ini mampu membukukan rekor yang cukup gemilang. Bahkan turut di ekspor ke Filipina dengan nama Toyota Wigo. Sedangkan untuk pasar Malaysia, dilakukan branding oleh Perodua dan dinamai sebagai Perodua Axia. Di pasar lokal, ia menjadi rival bagi Honda Brio Satya, KIA Morning, Suzuki Karimun Wagon R, Daihatsu Ayla, Datsun Go Panca, Nissan March 1.2, dan juga Mitsubishi Mirage.

Eksterior Toyota Agya
Toyota Agya memiliki eksterior yang hampir sama dengan Toyota Avanza ataupun Daihatsu Xenia. Styling yang digunakan sangat sederhana namun cerdas. Dengan beberapa ornamen krom di beberapa titik. Pada bagian depan, Agya menggunakan grill berukuran besar yang berguna sebagai ruang asupan udara selain dari bagian tengah bumper. Headlampnya terlihat kecil, namun memiliki kinerja yang cukup baik di malam hari.
Eksterior Toyota Agya
Eksterior Depan Toyota Agya
Untuk bagian belakangnya terlihat cukup unik. Dimana masing-masing stoplamp terlihat sangat kecil. Seakan senada dengan headlamp. Pada trim menengah dan atas, dilengkapi dengan reflektor tambahan, warna putih berfungsi sebagai lampu mundur sedangkan yang berwarna merah berfungsi sebagai pemantul cahaya dari mobil lain ketika malam hari. Tak lupa pula, sebuah wiper disediakan untuk menambah visibilitas pengemudi ke belakang ketika malam hari. Sayangya, defogger tidak hadir di semua trim Agya.
Eksterior Toyota Agya
Eksterior Belakang Toyota Agya
Interior Toyota Agya
Masuk ke bagian ruang kabin, terlihat dengan jelas bahwa kualitas interiornya biasa saja. Dengan skema warna abu-abu tua dan silver di tengah dashboard. Satu hal yang dapat dipuji dari interiornya adalah susunan panel dashboard yang cukup rapi dan terlihat modern. Mulai dari kisi-kisi udara pendingin, pengatur audio hingga tombol pengatur AC. Terdapat tiga cupholder di konsol tengah, tapi tidak tersedia di bagian lainnya. 
Interior Toyota Agya
Interior Toyota Agya
Meskipun dimensinya mungil, akan tetapi interior Agya cukup luas dengan menyisakan banyak ruang kaki di bagian depan dan belakang. Untuk kursi penumpang menggunakan kursi tipis guna memaksimalkan ruang yang tersedia. Bagaimana dengan bagasi? Ukurannya lumayan luas, yaitu 260 liter dengan kemampuan memuat minimal 4 koper sekaligus.

Kinerja dan Performa Mesin Toyota Agya
Toyota Agya dibekali dengan mesin 1KR-DE injeksi berkapasitas 1.0 liter (1.000cc) dengan konfigurasi 3 silinder 12 katup DOHC. Tenaga yang dihasilkan berupa 64 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi 86 Nm pada 3.600 RPM. Cukup kecil jika dibandingkan mesin 4 silinder dari Toyota Vios ataupun Toyota Yaris. Mesin ini dikawinkan dengan gearbox manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
Foto Mesin Toyota Agya
Foto Mesin Toyota Agya
Beberapa pengetesan dilakukan untuk mengetahui berapa penggunaan bahan bakarnya. Di dalam kota, Agya dapat berjalan hingga 14 km dengan satu liter bahan bakar sedangkan ke luar kota berkisar antara 17 km hingga 19 km. Dengan catatan, mobil melaju maksimal dalam kecepatan 60 km/jam.

Impresi dan Handling Toyota Agya
Dengan banderol murah, pastinya Agya juga menggunakan komponen murah di beberapa bagian termasuk kaki-kaki dan juga suspensi. Berbekal suspensi depan MacPerson Strut di depan dan semi independent torsion axle beam di belakang, bantingannya terasa keras. Ditambah lagi dengan bobotnya yang terlalu ringan, kurang dari satu ton. Sangat tidak nyaman jika Anda sudah terbiasa dengan mobil sedan. Sedangkan handlingnya sendiri terasa cukup hambar, tidak ada kata menarik dari hal pengendalian Agya. Maklum saja, penjualan Agya memang dikhususkan bagi calon konsumen yang baru ingin menggunakan mobil.

Spesifikasi Toyota Agya
  • Mesin : 1KR-DE DOHC 1.0 liter, 3 silinder segaris 12 katup VVTi.
  • Tenaga : 64 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 86 Nm @3.600 RPM. 
  • Bore x Stroke : 71 mm x 84 mm.
  • Rasio kompresi : 10:1.
  • Konsumsi BBM : 8-14 km / L (dalam kota), 17 - 19 km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut, semi independent torsion axle beam.
  • Rival : Honda Brio Satya, KIA Picanto Morning, Suzuki Karimun Wagon R, Daihatsu Ayla, Datsun Go, Nissan March, dan juga Mitsubishi Mirage.
  • Tahun Penjualan: 2013 - sekarang.

Harga Toyota Agya
Di pasar lokal, untuk unit barunya Agya dijual dari harga 111 juta hingga 135 juta tergantung jenis tipe dan transmisi. Tipe yang tersedia diurutkan dari terendah hingga tertinggi antara lain tipe E, G, dan TRD S. Sedangkan harga bekasnya sekitar 85 hingga 100 jutaan saja. Cukup murah bukan?

Kelebihan Toyota Agya
  • Fitur keamanan lengkap di kelasnya.
  • Desain eksterior sederhana namun cerdas.
  • Susunan panel dashboard menarik.
  • Ruang kabin dan bagasi lumayan luas.
  • Mesin bandel.
  • Adanya pilihan transmisi manual dan matic.
  • Relatif irit (tergantung pengemudi).
  • Harga jual bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar