Rabu, 15 Juni 2016

Inilah Cara Mengganti Cross Joint As Kopel atau Krishapel Dengan Mudah

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai ciri – ciri komponen cross jount As Kopel yang sudah mengalami kerusakan/rusak, yakni terdengar bunyi ketika berlangsung sentakan pada saat kendaraan bergerak dari kondisi diam, ataupun pada saat anda menginjak gas setelah langkah meurunkan gas terdapat bunyi di kolong kendaraan anda. Lantas Bagaimanakah cara untuk memperbaikinya? Kita simak saja informasi di bawah ini
Inilah Cara Mengganti Cross Joint As Kopel yang Rusak :
Pada awalnya, dongkrak mobil. Yakinkan terlebih dahulu bahwa kendaraan aman atau tidak berkerak. Setelah itu buka keempat mur yoke yang berada di sisi belakang. Setelah itu anda kendorkan baut flens kopel dari as diferensial garden.
Selanjutnya anda harus mencopot ke dua sisi propeller tersebut dengan langkah menarik, gunakan saja dengan tangan, sehingga pada As kopel dan flens bisa terpisahkan.
Cara Mengganti Cross Joint As Kopel
Supaya mudah, bawa kopel ke tempat yang sedikit luas. Setelah membawa ke tempan yang agak luas lalu anda buka ke delapan ring atau klip yang berada pada sambungan flens dan yoke. Gunakanlah tang snap ring dan juga obeng min untuk mencongkel dan tarik keluar.
Sebelum anda melepas komponen Joint, tandai terlebih dahulu Yoke dan juga as kopel dengan menggunakan spidol. Hal tersebut di maksudkan agar pada saat memasang kembali anda tidak merasa kebingungan pas pada posisi semula. Lantas kendorkan nipel pada batangnya.
Untuk melepas bearing pengikatnya, anda harus mengetok flans nya. Dan lanjutkan pada semua sisi dengan langkah yang sama seperti itu hingga ke empat bantalan terlepas. Gunakanlah alat bantu pemegang jepit agar tidak berubah ketika di ketok/pukul.
Nah, jika kedua spider atau yang di sebut dengan Cross Joint sudah lepas, bersihkan yoke, flens dan juga gerigi sambungan. Supaya lebih sip, gunakanlah hikat kawat plus bensin atau bisa juga dengan solar untuk membersihkan dari kotoran dan bemuk. Jangan lupa setelah di bersihkan lalu keringkan dengan menggunakan lap atau di semprot dengan udara kompresi.
Supaya mudah untuk memasangnya, berilah sedikit gemukatau stempelt di bagian gerigi sambungannya. Selanjutnya berikan juga di dalam bantalan barunya. Setelah itu barulah anda pasang X-Joint baru ke as kopel dan di lanjutkan ke yoke nya. Setelah itu masukan juga bantalannya. Ketok lagi dengan menggunakan palu atau ujung kunci T sampai merata. Jangan lupa juga untuk mengunci lagi, dengan menggunakan snap ring. Dan selanjutnya pasang nipel pada Cross Joint dan Yoke ke posisi semula.
Selanjutnya jangan lupa, pasang kembali nipel ke posisi awal dan beri gemuk atau stemplet pada ke empat ujungnya. Gunakanlah alat pompa gemuk untuk memasukannya, setelah itu pasang kembali rangkaian komponen kopel yang sudah di rangkai tadi. Langkahnya sama seperti setep awal di atas tadi.
Demikianlah tips dan trik cara mengganti Cross Joint As kopel yang rusak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar