Senin, 04 April 2016

Apa Itu Teknologi Cruise Control Pada Mobil?


Berbagai fitur canggih selalu dikembangkan di dunia otomotif supaya bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara Anda.

Ketika berkendara di jalan raya selama berjam-jam, ada kemungkinan kaki pengemudi terasa pegal hingga kaku karena harus menekan pedal gas terus menerus. Nah, untuk mencegah hal semacam ini terjadi terlalu sering, beberapa produsen kendaraan pun mulai memperkenalkan teknologi yang dikenal sebagai ‘cruise control’ pada beberapa mobil modern mereka. 

Lalu, apa sebenarnya cruise control ini?Cruise control bisa dikatakan sebagai sebuah teknologi yang mampu memberikan pengemudi kebebasan dalam mengendarai mobil pada kecepatan stabil. Hebatnya, pengemudi tersebut tidak perlu menekan pedal gas secara terus-menerus. Teknologi ini juga sering disebut sebagai ‘speed control ’, ‘autocruise’ dan lain sebagainya. Jika pengemudi kendaraan tersebut ingin mengemudikan mobil dengan kecepatan konstan, maka pengemudi harus melarikan mobil pada kecepatan yang diinginkan nya dan kemudian mengaktifkan fungsi cruise control yang ada di dalam mobil.

Sistem ini sendiri bisa dioperasikan melalui tombol dan jika sudah diaktifkan maka pengemudi sudah tidak perlu lagi untuk menekan pedal gas dengan kakinya. Perlu diketahui jika fitur ini tidak bisa aktif jika mobil melaju pada kecepatan di bawah 40 km/jam. Lalu, kapan kira-kira fitur ini tidak boleh digunakan? Ternyata, fitur cruise control tidak bisa digunakan pada jalanan dengan banyak tikungan, tanjakan dan turunan. Hal ini karena medan jalan tersebut membutuhkan banyak pengereman yang akan menonaktifkan sistem cruise control. Artinya, fitur cruise control ini kurang cocok jika digunakan di dalam perkotaan yang padat akan kendaraan dan sering terkena macet. Bahkan di negara dengan empat musim, fitur ini tidak boleh digunakan karena mobil bisa berisiko slip dan kehilangan traksi. Jadi, bagi Anda yang memiliki mobil dengan teknologi ini, harus mengetahui dengan tepat kapan dan dimana bisa menggunakannya. Karena jika tidak maka bisa menimbulkan bahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar