Selasa, 14 Juni 2016

Fungsi dan Cara Pengetesan Thermostat pada mesin mobil

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai fungsi dan cara pengetesan Thermostat pada mesin mobil. Sedikit kami berikan terlebih dahulu fungsi dari Thermostat. Jika anda belum mengetahui fungsi dari Thermostat, mungkin kami bisa membantu anda untuk mengetahui apa itu fungsi dari Thermostat. Thermostat berfungsi untuk menahan air pendingin supaya hanya bersirkulasi pada mesin apa bila mesin masih memiliki suhu rendah dan membuka saluran dari mesin ke radiator agar terjadi sirkulasi air pendingin dari mesin ke radiator dan dari radiator ke mesin ketika mesin sudah mengalami suhu kerjanya.
Untuk temperature cairan pendingin tergantung dengan keadaan mesin. Seperti yang telah kita ketahui pada umumnya efisiensi oprasi pada mesin yang tinggi, ialah jika temperaturnya sudah mencapai antara 80 sampai 90 derajat celcius. Thermostat ialah semacam katup yang membuka dan menutup secara otomatis dengan menyesuaikan suhu mesin. Nah, jika temperature pendinginan masih rendah, katup Thermostat ini masih tetap tertutup untuk mencegah air pendingin tidak masuk ke radiator, sehingga dengan ini di harapkan temperature kerja mesin cepat tercapai. Nah apabila tempertatur sudah tinggi maka katup Thermostat ini akan membuka untuk mengalirkan air pendingin ke radiator untuk di dinginkan sehingga temperature masin bisa terjaga.
Thermostat pada mesin mobil
Pengetesan Thermostat
Bagaimana cara untuk mengetes Thermostat pada mesin mobil ? Jika anda ingin mengetahuinya anda bisa melihat cara di bawah ini.
Apabila Thermostat sudah berhasil anda lepaskan dari housing atau dari rumah Thermostat, setelah itu anda periksa kondisi karet pada Thermostat, apabila terlihat kembung, alangkah baiknya anda mengganti Thermostat.
Cara untuk mengetes Thermostat yang masih tertutup, yaitu dengan menggunakan pemanas air yang menggunakan listrik. Anda bisa mendapatkan atau membelinya di toko prabotan rumah tangga.
Cara – Cara Untuk Mengetes Thermostat
  • Pertama yaitu anda masukkan Thermostat ke dalam pemanas air, gantung dengan menggunakan benang.
  • Setelah itu panaskan air dan cek suhu dengan menggunakan thermometer.
  • Periksalah suhu pada saat Thermostat terbuka untuk pertama kali dan pada saat Thermostat terbuka sepenuhnya
  • Ukurlah jarak ketika Thermostat terbuka penuh.
Apabila Thermostat sudah membuka pada saat temperature ruang atau Thermostat sudah mulai terbuka pada saat ruang atau sekitar suhu sudah mencapai 30 derajat celcius maka gantilah Thermostat. Untuk harganya sendiri biasanya Thermostat mesin mobil di jual sekitar 300 ribu sampai dengan 350 ribuan. Contohnya yang di miliki oleh mobil kijang inova.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar