Selasa, 14 Juni 2016

Ini Dia Ciri – Ciri Alternator Mengalami Kerusakan

Dalam kelistrikan yang berada di kendaraan mobil, terdapat komponen Alternator yang merupakan pembangkit listrik utama yang sangat penting. Alternator sendiri berfungsi untuk menyuplai energi listrik pada saat mesin aktif atau hidup. Perlu anda ketahui juga bahwa Aki atau bterai yang berada pada kendaraan ialah merupakan alat pacu saat starter mobil di hidupkan, dan jika alternator rusak maka aki atau baterai akan otomatis berperan sebagai sumber listrik utama. Pada sistem kelistrikan di mobil, alternator mempunyai tegangan yang lebih tinggi dari pada baterai/aki. Nah, bagi anda yang ingin tahu apa saja sih ciri – ciri alternator yang sudah mengalami kerusakan ? Berikut ini kami berikan informasi untuk anda mengenai Alternator yang sudah mengalami kerusakan.
Ciri - Ciri Alternator Mengalami Kerusakan
Ciri – Ciri Alternator Rusak :
Dengan cara ini anda bisa mengetahui dengan mudah ciri – ciri alternator yang sudah mengalami rusak. Untuk lebih jelas lagi mari kita lihat tanda – tanda pada saat Alternator mobil mengalami kerusakan sebagai berikut.
Pada saat mesin mobil hidup, maka lampu indikator akan menyala, hal ini mengindikasikan bahwa Alternator atau generator yang berada di mobil anda sudah tidak mampu lagi membangkitkan listrik
1. Ciri – Ciri selanjutnya yaitu pada Alternator akan menghasilkan bunyi. Ya, tuntu saja hal tersebut mengidikasikan bahwa Alternator telah rusak sehingga akan menimbulkan bunyi suara yang bising dari Alternator itu sendiri. Perlu anda ketahui juga bahwa bunyi tersebut di sebabkan oleh putusnya dioda rectifier Alternator.
2. Pada saat baterai atau aki di ganti, akan tetapi aki selalu tekor dan tidak mampu untuk menjalankan starter, maka hal ini di akibatkan oleh kurangnya tegangan Output yang di hasilkan atau lemahnya tegangan pengisian Alternator.
3. Nah, maka dari itu anda harus mengetahui bahwa tegangan yang di keluarkan oleh Alternator Aki 12v harus berada di kisaran 13.6 hingga 14.0 volt. Saat mengindikasikan kurang dari 13.6 volt maka baterai atau aki akan selalu tekor dan tidak akan mampu melakukan starter, meskipun indikator light aki tidak On. Masalah tersebut biasanya terjadi di kendaraan mobil yang full aksesoris pada kelistrikan yang bayak.
Saat Alternator pada mobil anda sudah mengalami drop, maka yang harus anda lakukan yaitu mencari faktor penyebabnya. Berikut ini kami berikan beberapa faktor penyebab Alternator mengalami drop :
  • Penyebab pertama yaitu adanya dioda yang terputus yang berada di IC regulator, maka arus yang timbul oleh alternator tidak penuh.
  • Penyebab selanjutnya yaitu pada setingan ket out eksternal Voltage regulator yang menggunakan cut out, maka hal tersebut menyebabkan alternator akan ngedrop.
  • Tidak cuma itu saja, Alternator ngedrop bisa di sebabkan oleh adanya hubungan antara rotor slip rings dengan carbon brus yang tidak maksimal dan nantinya akan menghambat arus listrik menuju rotor coil yang berada pada Alternator.
Dimikianlah informasi dari kami mengenai informasi ciri – ciri Alternator mengalami kerusakan. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda. Jika ada salah kata atau pun kekurangan dalam penjelasan kami mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar