Selasa, 14 Juni 2016

Tips dan Trik Memperbaiki Sistem Starter Mobil Bermasalah –

 Masalah yang seringkali kerap terjadi pada kendaraan yang membuat anda kesal yakni mogok yang di sebabkan oleh system setarter pada mobil yang sudah rusak. Pasti anda juga pernah merasakan hal tersebut bukan ? pada kendaraan mobil anda yang mobilnya tidak bisa di starter. Jika anda pernah merasakan hal tersebut pastinya anda pasti akan mendorong mobil anda atau menjumper aki untuk menghidupkan mesin mobil anda. Nah, pada kesempatan kali ini kami spekengine.com akan memberikan tips dan trik memperbaiki system starter mobil yang rusak.
Sebelum menuju ke perbaikan, alangkah baiknya kami akan memberikan beberapa penyebab yang mengakibatkan mobil mogok karena tidak bisa di starter atau starter bermasalah. Berikut ini adalah penyebab – penyebabnya :
Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Sistem Starter Mobil Bermasalah
  • Lampu kotrol dashboard hidup pada saat kontak dan pada saat starter tidak berfungsi hanya lampu dashboard berkedip.
  • Lampu control pada dashboard hidup pada saat kontak dan saat starter timbul suara yang anaeh seperti ngelitik.
  • Starter berjalan dengan normal, akan tetapi mesin tidak berputar dan terdapat bunyi gesekan gigi berputar seperti bunyi “kreeeeekk”
  • Pada lampu control dashboard mati pada saat kontak dan tidak akan bisa di starter.
Penyebab di atas tersebut yang biasanya di temui pada masalah starter mobil. Apa yang menyebabkan hal tersebut ? Kita akan membahasnya satu per satu.
Memperbaiki Starter Mesin Mobil Bermasalah dan Mati :
Masalah pertama jika starter mobil anda tidak berfungsi, nampun lampu control dashboard menyala, dan pada saat di coba di starter terlihat lampu berkedip, maka yang harus anda lakukan yaitu memeriksa soket otomatis dinamo starter. Ada satu kabel berukuran kecil yang terhubung ke dinamo starter. Perikasalah kabel kecil tersebut apakah lepas atau putus. Selanjutnya anda bisa memeriksa sikring dan juga relay nya. Nah, jika saat anda mencoba starter relay ada bunyi “klek” kemungkinan masalahnya bukan dari relay dan sikring. Solusi terbaiknya yaitu harus di tangani oleh mekanink bengkel dinamo. Solusi daruratnya anda bisa menghidupkan mesin mobil anda dengan mendorongnya.
Masalah yang kedua yaitu jika di starter timbul suara ngelitik yang keras, hal tersebut bertanda bahwa strum aki sudah lemah dan tidak cukup kuat untuk menyalurkan arus pada system starter untuk memutar flaywheel. Pada saat keluar bunyi tersebut akan di ikuti dengan lampu control dashboard yang berkedip – kedip. Nah, cara untuk memperbaikinya yaitu cobalah anda memeriksanya terlebih dahulu pada kleman kabel aki yang berada di terminal positif dan negatif, Siapa tau ada kelonggaran pada baut atau kotor. Jika tidak ada kelonggaran pada terminal positif dan negatif, berarti aki anda dalam kondisi sudah kurang baik. Solusinya yaitu anda bisa menjumpernya/pancing dengan mendorongnya, tidak berlaku untuk mobil matic.
Untuk masalah ke tiga yakni jika anda starter ada bunyi “kreeeekkk” dan mesin tidak bisa berputar apalagi hidup, maka hal tersebut di sebabkan oleh gigi starter atau flaywheel sudah ada yang mengalami keausan, biasanya aus di salah satu sisinya, itu sih tidak apa – apa, coba aja terus. Nanti juga pas di bagian yang masih bagus bisa normal. Akan tetapi tetap saja anda harus memperbaikinya dengan cara membawanya ke bengkel.
Untuk point yang terakhir yaitu, pada saat di starter mati dan semua lampu control mati, masalahnya ada di strum.Cobalah anda periksa kabel aki kemungkinan ada yang longgar, jika kabel baik – baik saja dan strum aki normal. Cobalah anda periksa lagi di soket kunci kontak, jika anda tidak berhasil menemukan masalahnya, hubungi saja mekanik karena harus di tangani oleh orang yang ahli kelistrikan.
Mungkin itu saja yang bisa kami informasikan untuk anda, mengenai cara memperbaiki system starter yang bermasalah atau sudah rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar