Senin, 14 Desember 2015

PERTALITE SEBAGAI PENGGANTI BBM PREMIUM


SIAP-SIAP BERALIH DARI BBM PREMIUM KE PERTALITE
Nama pengganti BBM Premium dengan Zat Adiktif EcoSAVE
Setelah beberapa saat lalu perusahaan pengolah minyak milik negara yakni PT Pertamina (Persero) akhirnya telah mengumumkan penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dengan oktan 88 yang akan dilaksanakan mulai bulan Mei mendatang. Dimana langkah tersebut akan dilakukan secara bertahap dari kota-kota besar terlebih dahulu. Akhirnya kini PT Pertamina mengumumkan pengganti BBM Premium. Nah apakah nama bahan bakar minyak terbaru dari PT Pertamina sebagai pengganti premium tersebut?
Sesuai informasi yang dilansir oleh laman detikOto, Kamis (16/4/2015) pengganti BBM Premium tersebut akan memiliki nama Pertalite.Dari nama tersebut maksudnya adalah bahan bakar yang bisa membuat tarikan mesin lebih ringan. Bahkan Pertalite ini kualitasnya diketahui lebih bagus, lebih bersih dan lebih murah dibandingkan dengan BBM Pertamina oktan 92 yakni Pertamax.
Selain itu telah diketahui bahwa Pertalite ini memiliki logo berwarna emas. Namun belum diketahui lebih lanjut apakah nantinya akan berubah atau tidak, karena memang belum diluncurkan secara resmi.
Lebih lanjut lagi, diketahui bahwa dalam jenis BBM terbaru dari PT Pertamina yang bernama Pertalite tersebut bakal diberikan zat adiktif yang baik bagi kendaraan motor saat ini. Bahkan zat adiktif yang diberikan pada BBM Pertalite ini memiliki kebaikan yang hampir sama dengan jenis BBM Pertamax.
Pihak PT Pertamina pun mengatakan bahwa dalam bensin jenis baru ini akan ada tambahan zat adiktif yang tidak ada pada bensin premium. Dimana zat adiktif pada BBM Pertalite tersebut adalah zat EcoSAVE.
EcoSAVE ini merupakan salah satu keunggulan dari bahan bakar minyak jenis baru yang bernama Pertalite tersebut. Fungsinya, agar membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar, dan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan dengan BBM Premium. Menariknya diketahui zat adiktif yang bernama EcoSAVE ini ternyata juga dicampurkan pada produk PT Pertamina kelas atas. Mulai dari Pertamax Ron 92, Pertamax Plus Ron 95, sampai Pertamina Racing.
GIMANA KALAU MOBIL GANTI BBM DARI PERTAMAX KE PERTALITE?
Pertalite didaulat untuk menggantikan BBM berjenis  Premium, mulai Mei Mendatang. Kabarnya, jenis BBM yang satu ini memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah membuat tarikan mesin kendaraan menjadi lebih ringan. Bahkan kabarnya, Pertalite  membawa kualitas yang bersaing dengan Pertamax. Zat adiktif yang diberikan pada BBM Pertalite lah yang membuat kualitasnya ada di atas Premium dan bersaing dengan Pertamax. Dengan begitu, sangat mungkin para pemilik kendaraan mengganti bahan bakarnya yang semula menggunakan Pertamax, menjadi Pertalite jika telah benar-benar resmi diluncurkan oleh pemerintah. Maka pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana jika mobil yang sebelumnya menggunakan Pertamax, diganti dengan bahan bakar Pertalite? Mas Sena punya ulasannya buat anda.
Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kita perlu membandingkan kualitas antara kedua jenis BBM tersebut.  BBM Pertalite mempunyai Researh Octane Number atau RON 90-91. Artinya, secara teknis kadar oktan yang dimiliki oleh Pertalite lebih tinggi daripada Premium yang punya angka oktan 88. Jadi, ketika nantinya anda pengguna Premium beralih ke Pertalite, itu berarti anda akan mendapatkan kualitas bahan bakar yang lebih baik. Namun lain halnya ketika anda beralih dari Pertamax  atau Pertamax Plus ke Pertalite. Secara nilai ekonomis, anda akan mendapatkan bahan bakar yang lebih murah. Namun kualitasnya pun ikut menurun. Dengan angka oktan yang lebih rendah, membuat pembakaran tidak seoptimal sebelumnya. Tenaga mesin akan berkurang begitu juga dengan efisiensi BBM yang tidak sebaik sebelumnya.
“Itu sebuah kemunduran. Dengan oktan lebih rendah dari Pertamax, maka Pertalite tidak akan menghasilkan pembakaran lebih baik dari Pertamax apalagi Pertamax Plus,” ucap Usman Adie, Service Operation Manager PT Tunas Toyota.
Namun jangan terburu patah semangat dulu. Dengan pembandingan kualitas itu, bukan berarti Pertalite jadi BBM yang merugikan. Spesifikasi beberapa jenis mobil yang beredar di Indonesia, sudah sesuai dengan kadar oktan pada Pertalite, yakni RON 90-91.  Biasanya, spesifikasi tersebut akan dicantumkan pada buku manual kendaraan anda. So, mulai sekarang anda bisa mengecek dulu buku manual mobil anda, untuk ikut mempersiapkan penggantian Premium ke Pertalite. Pengecekan tersebut juga akan sangat berguna, sebagai usaha untuk menjaga mesin mobil anda agar tetap baik. RON yang sesuai, akan membantu kendaraan anda berjalan pada performa yang optimal. Sebaliknya, jika RON yang dibutuhkan tidak sesuai dengan spesifikasi, maka akan sangat besar kemungkinannya untuk merusak mesin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar