Selasa, 22 Maret 2016

Ini Kelebihan Mesin Toyota Innova Terbaru

Ini Kelebihan Mesin Toyota Innova Terbaru

Rencana peluncuran Toyota All New Innova memang tengah ramai diperbincangkan, terlebih kendaraan MPV legendaris ini dipastikan akan mengusung teknologi mesin Diesel terbaru berkode GD dengan kelebihan lebih bertenaga namun irit bahan bakar.

Berdasarkan informasi resmi yang dikeluarkan Toyota, mesin GD mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 15 persen. Tak hanya itu, Toyota juga meningkatkan besaran torsi 25 persen dari model mesin KD sebelumnya.
Kunci keunggulan mesin GD sendiri terletak pada keberhasilan Toyota mengembangkkanThermo Swing Wall Insulation Technologi dan penggunaan silica-reinforced porous anodized aluminum (SiRPA) pada piston dengan karakter bahan mudah panas dan cepat dingin.
Sehingga saat terjadi pembakaran internal mesin, piston dapat mempercepat proses pembakaran saat injektor menyemprotkan bahan bakar langsung keruang bakar. Begitu pula ketika proses pembakaran selesai suhu panas piston langsung turun atau kembali dingin dalam waktu singkat. Disinilah konsumsi bahan bakar mesin dapat ditekan secara baik.
Proses pendinginan ruang bakar seperti ini sama seperti yang dilakukan BMW, bedanya produsen asal Jerman tersebut menggunakan teknologi water injektor untuk proses pendinginan suhu pada ruang bakar.
Peningkatan torsi sekira 11 persen sendiri diakui salah satu kepala mekanik Toyota, berkat desain piston yang memiliki bentuk cekung ke dalam. Cekungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan kapasitas udara di ruang bakar.
"Cekungan pada piston berfungsi untuk meningkatkan debit udara saat piston bergerak ke atas, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan tenaga mesin," jelas kepala mekanik Auto2000.
Pada varian diesel, Toyota telah mempersiapkan dua pilihan mesin dengan kode 1GD-FTV untuk kapasitas 2,8 liter sebagai pengganti mesin 3,0 liter mesin ini memiliki tenaga sebesar 176 hp dan torsi 441 nm. Sedangkan mesin berkode 2GD-FTV untuk mesin berkapasitas 2,4 liter tenaga 150 BHP dan torsi 390 nm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar