Selasa, 08 Maret 2016

Periksa Magnetic Clutch, Siapa Tahu Penyebab AC Tidak Dingin

Magnetic clutch bisa jadi salah satu faktor penyebab air conditioner (AC) tiba-tiba terasa tak dingin.

Terdapat banyak penyebab air conditioner (AC) tiba-tiba terasa tak dingin. Bisa jadi penyebabnya datang dari magnetic clutch kendaraan Anda.
Magnetic clutch sendiri merupakan komponen yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC. Peranti ini terhubung oleh tali kipas yang memutarnya hingga menghasilkan arus listrik. Aliran listrik tersebut akan menarik pusat magnetic clutch menempel ke kompresor AC.
Terdapat beberapa gejala akibat kerusakan magnetic clutch, antara lain AC tidak dingin meski blower tetap hidup, putaran mesin naik ketika AC mulai memanas, hingga bunyi logam yang bergesekan.
Untuk memastikannya Anda bisa memeriksa komponen ini dengan memberikan arus listrik langsung dari aki. Apabila pusat magnetic clutch tidak tertarik ketika diberi arus, bisa dipastikan terjadi masalah.
Cara lain yaitu menggunakan test pen. Periksa arus yang mengalir menuju magnetic clutch ketika AC menyala. Apabila terdapat daya, namun magnetic clutch tak bekerja, ada baiknya segera periksakan kendaraan Anda ke bengkel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar