Mobil-mobil diesel kini tidak lagi berisik, bergetar keras, dan kotor. Dari sisi jarak tempuh per liter bahan bakar minyak (BBM) pun lebih jauh (artinya mobil diesel lebih irit).
Dan tentu saja torsinya lebih besar namun tetap bisa melaju kencang dan gesit di jalan raya.
Khusus di Indonesia, BBM diesel berkualitas, kini, semakin mudah ditemui ke mana Anda pergi.
Berbicara tentang mobil diesel favorit, maka Toyota Focmx rtuner diesel masuk dalam daftar terfavorit terutama sejak tahun 2012 ketika VNT (Variable Nozzle Turbodiesel) plus intercooler dipasarkan. Jelas, teknologi VNT membuat Toyota Fortuner menjadi lebih perkasa di jalan lurus maupun menanjak.
“Penjualan Toyota Fortuner diesel menguasai 90% penjualan Fortuner secara keseluruhan sejak kualitas BBM diesel semakin terjaga dan distribusinya lebih merata. Orang-orang semakin paham bahwa mesin diesel lebih efisien dibandingkan mesin bensin, apalagi dengan VNT membuat keluaraan torsi merata di berbagai putaran mesin,” ujar Rouli Sijabat, Public Relation Manager, PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Saat ini generasi baru Toyota Fortuner mengantungi mesin diesel baru 2GD-FTV VNT menggantikan 2KD-FTV VNT. Meski jantung mekanis anyar mengalami downsizing menjadi 2.4-liter dari 2.5-liter, tenaganya naik 4% menjadi 149,6 hp dan torsinya meroket 17% menjadi 400 Nm.
Yang menggembirakan dari pengaplikasian mesin baru ini adalah konsumsi BBM menjadi lebih irit 16% dibandingkan VNT sebelumnya.
Itu semua didapat via sejumlah cara yang telah ditempuh oleh para ahli teknis Toyota misalkan saja menjaketi kepala piston dengan SirPA (Silica Reinforced Porous Anodized Aluminum), mengecilkan dimesin turbo 30% sehingga lebih mudah diputar oleh angin dan semakin memangkas turbo lag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar