Selasa, 29 Maret 2016

Kikai, mobil telanjang dari Toyota

Toyota Kikai
Toyota Kikai
© Toyota /Toyota.co.jp
Selain akan memperkenalkan mobil swakemudi, pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2015 jenama otomotif kenamaan Toyota juga akan membawa mobil dengan desain eksterior dan interior yang unik. Mereka menamakan mobil itu Kikai.
Kikai dalam bahasa Jepang bisa berarti "mesin" atau "aneh" dan, dengan melihat foto-foto mobil ini, Anda pasti setuju kalau dua arti tersebut berlaku untuk mobil ini.
Toyota, seperti dikutip Paultan.org,menyatakan mereka menciptakan Kikai untuk membantu agar manusia menghargai mesin. Mobil ini bertujuan untuk menegaskan keindahan, presisi dan kerja mekanis dari sebuah mobil dengan membuka bagian-bagian yang biasanya tertutup, seperti mesin. Anda mungkin sudah mengenal ada yang disebut naked bike, maka inilah naked car.
Tampak belakang Kikai
Tampak belakang Kikai
© Toyota /Toyota.co.jp
Para teknisi Toyota juga mengatakan bahwa mobil mungil ini memang dibuat seperti sebuah karya seni yang merupakan langkah nyata dari mimpi para desainer Toyota. mereka juga mengatakan kalau mobil ini merupakan perpaduan unik antara sebuah arsitukter dan mesin.
Secara desain dan konstruksi, Kikai mengingatkan kita pada era mobil lawas.
"Mesin biasanya tersembunyi di bawah body mobil, namun kami membuat Kikai seolah semua dapat melihat keindahan mesinnya. kami juga membuka selubung suspensi pada kabin pengemudi agar siapapun yang berada di kabin dapat melihat kinerja suspensi. Denga semua hal itu, kami rasa mobil ini menarik," Toyota menggambarkan desain dan konstruksi mobil ini.
Dasbor Kikai.
Dasbor Kikai.
© Toyota /Toyota.co.jp
Toyota mendekorasi kabin dengan nuansa yang cukup unik. Kursi pengemudi berada di tengah yang diapit oleh dua kursi penumpang yang sedikit menjorok ke belakang. Di lantai mobil terdapat kaca jendela sehingga pengemudi bisa semakin merasakan sensasi kecepatan saat memacu Kikai. Intinya, Toyota seolah ingin menggambarkan kesenangan tak biasa dalam berkendara.
Kikai akan menggunakan mesin hybrid, yang menggabungkan kontrol mesin berbahan bakar bensin dengan motor elektronik.
Karena mesin, suspensi, tangki bahan bakar dan saluran pembuangan tidak tertutupi apapun maka perawatan mobil ini akan menjadi lebih mudah. Toyota juga menjamin keamanan mobil ini. Walau tampak telanjang, kabinnya sangat kuat karena menggunakan CFRP (carbon fiber-reinforced polymer) nan kokoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar