Mungkin ada sebagian pemilik Toyota Kijang Innova bermesin bensin yang kurang puas dengan konsumsi BBM mobilnya. Mereka yang merasa Innova-nya boros bisa berharap dari Kijang Innova terbaru nanti. Meski mesin bensin 2.000 cc-nya memakai basis yang sama, namun sekarang dilengkapi katup variabel di saluran masuk dan buang. Atau yang disebut Dual-VVTi. Dan konon, mesin bensin Toyota Kijang Innova baru lebih irit dari mesin Innova lama. Mengapa?
Mesin yang diusung All New Kijang Innova ini digadang-gadang punya teknologi seperti kebanyakan sedan Toyota terbaru. Mesin berkode 1TR-FE yang berkapasitas 1.998 cc punya tenaga maksimal sebesar 140 dk dan torsi 190 Nm.
Di atas kertas, tenaganya naik sekitar 3 dk dibanding Kijang Innova generasi lawas. Namun efisiensi All New Kijang Innova dipercaya akan meningkat, berkat penerapan teknologi dual VVT-i.
Efeknya, konsumsi BBM bisa lebih dihemat. Hiroki Nakajima, executive chief engineer IMV Project yang membuat Toyota Kijang Innova menyebut peningkatan efisiensi BBM mencapai sekitar 10%. “Ini juga termasuk efisiensi yang ada di mesin diesel baru,” tambah Nakajima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar