Jumat, 08 Januari 2016

Tips Memasang Intelligent Parking Assist System Aftermarket



admin on Juni 25 ,2015
Semakin berkembangnya teknologi saat ini telah membuat mobil menjadi kendaraan yang canggih dengan dilengkapi fitur keamanan dan kenyamanan yang memadai. Salah satunya adalah fitur kamera parkir dengan garis pemandu yang bisa ditemui pada mobil-mobil CBU importir umum. Kebanyakan orang akan mengira jika fitur ini merupakan sistem yang terintegrasi dengan mobil, sehingga tak bisa diaplikasikan pada mobil-mobil lokal non-premium keluaran ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). 


Padahal, fitur ini hanya mengandalkan informasi putaran roda kemudi yang diambil dari komputer (ECU) dan kini sudah ada produk aftermarket dengan nama Intelligent Parking Assist System (IPAS) yang bisa menghadirkan fitur ini pada mobil-mobil lokal. 

Dengan mengeluarkan uang kurang lebih Rp 2 juta saja, Anda sudah bisa memasang IPAS ini dan mendapatkan fitur kamera parkir. 

Perangkat ini hanya membutuhkan informasi putaran setir dari komputer mobil, namun informasi ini hanya dimiliki oleh mobil-mobil dengan fitur kontrol stabilitas seperti Electronic Stability Program (ESP), Vehicle Stability Assistance (VSA) dan Electronic Stability Program (ESC). 

Informasi ini nantinya akan disampaikan ke IPAS melalui koneksi OBD 2 yang memang menjadi standar mobil-mobil ini, kemudian informasi diterjemahkan IPAS menjadi garis pandu pada layar monitor yang bergerak sesuai arah putaran kemudi. 

Tak hanya menampilkan garis pandu pada kamera mundur, perangkat ini juga mampu menghadirkan tampilan kamera depan secara otomatis dengan memindahkannya selama 15 detik sesaat setelah tuas transmisi berpindah dari ‘R’ ke ‘D’. 

Sebaiknya proses instalasi IPAS ini diserahkan pada pihak bengkel yang berpengalaman, namun tak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa hal penting semacam syarat sebelum memasang instalasi IPAS. 

Syarat pertama adalah head unit monitor di mobil Anda harus memiliki rear camera input dan juga memiliki program kestabilan dan koneksi ECU tipe OBD 2 karena jika tidak maka IPAS tak akan bekerja sama sekali. 

Untuk mobil-mobil Toyota ATPM sendiri yang kompatibel dengan IPAS adalah Toyota Alphard 3.5 G, Toyota New Camry3.5 V, Toyota Land Cruiser, Toyota GrandNew Corolla Altis 2.0, Toyota Previa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar