Senin, 18 Januari 2016

TIPS MENGGANTI KACA MOBIL RUSAK



 Inilah tips mengganti kaca mobil rusak. Visibilitas ialah hal yang sangat penting untuk mendukung keselamatan saat berkendara. Buktinya para produsin mobil memikirkan dengan baik pandangan pengendara ke depan, sehingga membatu pengendara untuk lebih mudah berkendara.

Seiring berjalannya waktu, visibilitas juga bisa terusik karena adanya faktor lain. Salah satunya ialah kerusakan pada kaca yang menjadi benteng pertama untuk melihat pandangan ke luar kendaraan.

Jenis kerusakan pada kaca pun beragam. Mulai dari baret akibat waktu pemakaian, hingga kerusakan yang disebabkan kesalahan dari pemilik kendaraan.

Tentu semua masalah yang hadir pada kaca mobil, pasti ada solusi untuk memperbaikinya. Dengan melakukan perbaikan kaca, pemilik kendaraan mendapatkan keuntungan biaya yang lebih murah dan tetap menggunakan kaca orisinil bawaan pabrik.

Sebelum melakukan perbaikan pada kaca mobil, ada baiknya Anda harus mengetahui terlebih dulu jenis kerusakannya, agar penanganan lebih tepat. Apa saja jenis kerusakan pada kaca?
Untuk menghilangkan baret, pengikisan pu dilakukanJika kaca telah dipoles, Anda tidak boleh menggunakan cairan pembersih kaca yang menggandung zat asamPemboran dilakukan untuk perbaikan kaca retak

Jamur

Jamur ialah masalah yang kerap terjadi pada kaca mobil. Jamur bisa menempel pada kaca mobil, karena adanya proses oksidasi dari zat asam yang ada di dalam air.

Untuk mengusir jamur, bukan perkara yang sulit, karena cukup menggunakan pembersih kaca yang dijual di pasaran. Namun ingat, jangan pernah menggunakan pembersih kaca yang mengandung acid atau zat asam. Karena material abrasif itu mampu melunakkan kaca dan membuat pori-pori pada kaca menjadi lebih besar.


Baret Halus

Baret pada kaca biasanya akibat pemiliki kendaraan yang kurang memperhatikan kondisi kendaraannya. Yang sering terjadi, ialah baret yang disebabkan oleh karet wiper yang sudah mengeras, sehingga mampu menggores kaca setiap digunakan.

Untuk menghilangkan baret pada kaca, Anda pun membutuhkan para pakar glass detailing. Pada umumnya bengkel glass detailing menggunakan metode pengikisan, untuk mendapatkan lapisan baru dari kaca, sehingga baret dapat hilang.

“Untuk jasa perbaikan baret halus ini dikenakan biaya Rp 250 ribu per panel dengan waktu kerja sekitar 2 jam,” kata Dhika Auto Detailing.


Flek Putih dan Kaca Bergelombang

“Kerusakan ini biasanya akibat penggunaan pembersih kaca yang mengandung acid, zat asam masuk kedalam layer kaca dan akhirnya terkikis bahkan hingga timbul noda,” tambah Dhika.

Untuk memperbaiki kerusakan kaca yang terdapat flek putih masih tergolong mudah, karena tidak membutuhkan pengikisan pada kaca yang terlalu dalam. Tetapi untuk memperbaiki kaca yang bergelombang jauh lebih sulit, karena para bengkel perbaikan kaca harus merata satu kaca penuh dan membutuhkan waktu perbaikan 4 sampai 5 jam.

Tetapi tetap saja ada syarat perbaikannya, jika flek atau gelombang berada di pingir, para pemberi jasa perbaikan kaca enggan untuk melakukan, karena resiko pecah akan tinggi akibat pemuaian panas. Maksimal sisi pinggir yang bisa diperbaiki hanya 2 jari dari sisi pinggir. Perbaikan Flek putih dikenakan biaya Rp 250 ribu per panel dan Rp 450 ribu per panel untuk merata kaca yang bergelombang.
Kaca pecah dapat diperbaiki, dengan syarat tidak lebih dari 5 cmProses menambal kaca harus menggunakan alat khususButuh waktu setengah jam untuk memasukan cairan kaca ke dalam kaca mobil

Kaca Retak

Sudah tidak asing lagi bila kaca retak akibat percikan krikil yang terpental dari roda kendaraan lain. “Tenang saja, karena kerusakan ini bisa diperbaiki, namun maksimal retak hanya 5 cm, jika lebih Anda harus menggantinya dengan kaca baru,” ujar Andi, Poles Kaca.com.

Cara perbaikan kaca retak ialah memasukan cairan kaca kembali atau bisa dibilang menambal kembali.  Oleh sebab itu kaca harus dibor agar tersedia lubang untuk dimasukan cairan kaca.

Setelah menunggu setengah jam agar cairan kaca masuk ke dalam kaca, barulah proses pemerataan menggunakan lapisan film. Proses terakhir ialah pemanasan menggunakan sinar UV agar cairan kaca dapat menyatu dengan kaca.

Untuk jasa perbaikan kaca Anda harus mengocek kantung sebesar Rp 350 ribu per titik. Namun ingat, penambalan ini hanya bisa dilakukan sekali, sehingga jika kaca kembali pecah, Anda harus mengganti kaca baru.

3 komentar:

  1. bos butuh referensi bengkel poles kaca wilayah proling untuk kaca depan toyota kijang milik saya

    BalasHapus
  2. bos butuh referensi bengkel poles kaca wilayah proling untuk kaca depan toyota kijang milik saya

    BalasHapus