Jumat, 15 Januari 2016

Tiga Proses Utama Pembuatan All new Kijang Innova

Begini cara pembuatan all new kijang Innova.
Tiga Proses Utama Pembuatan All new Kijang Innova
Telah 43 tahun sudah PT Toyota Motor Motor Manufacturing memproduksi  kendaraan di Indonesia. Namun, tidak banyak dari kita yang mengetahui bagaimana proses pembuatan mobil Toyota di negara kita. Nah, beberapa waktu lalu TMMIN mengajak puluhan jurnalis untuk melihat bagaimana proses pembuatan produk Toyota. Termasuk All new Kijang Innova.

Ada tiga proses utama dalam pembuatan mobil Toyota. Pertama  adalah procurement (penyediaan material dan komponen produksi). Kedua adalah production operation (proses produksi itu sendiri) dan distribution (pengiriman produk ke pelanggan). Itulah tiga siklus pembuatan produk.

Produksi mobil di Toyota bertumpu pada Toyota Production System (TPS) yang memiliki dua pilar utama, yaitu  Just in Time dan Jidoka.  Just in time adalah aktivitas penyediaan produk sesuai dengan jenis yang diperlukan, pada saat diperlukan dan jumlah yang diperlukan. Dengan Just in Time, Toyota berhasil meminimalisasi proses dan kegiatan yang tidak memiliki nilai tambah, serta membagi beban pekerjaan sesuai dengan kemampuan manusia dan mesin/robot.
Jidoka adalah berbagai aktivitas yang mencegah terjadinya ketidaknormalan sehingga kualitas produk tetap terjaga. Jidoka memiliki 3 prinsip dasar yaitu tidak menerima, membuat dan meneruskan cacat. Salah satu penerapan Jidoka adalah dengan memberikan wewenang penuh kepada operator untuk menghentikan lini produksi jika terjadi abnormalitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar