Senin, 22 Februari 2016

ALL NEW TOYOTA FORTUNER 2016

Konsepnya Toyota ingin menciptakan sebuah SUV yang tampil gagah sekaligus stylish, juga membuat pemiliknya tampil percaya diri. Tidak percaya? Coba perhatikan tampilannya kini. Desain Keen Look yang diadopsi duluan oleh saudaranya Corolla Altis atau Camry seakan diturunkan. Bedanya, kini tak butuh waktu lebih untuk mencerna desain baru All New Fortuner. Lampu utamanya dibuat menyipit dengan aksen krom di gril, pun begitu tampilan dari belakang yang sekilas mengingatkan pada saudara beda merek, Lexus RX.
Dibangun di atas platform baru TNGA (Toyota New Generation Architecture), masih berbagi sasis dan mesin dengan All New Kijang Innova dan Hilux. Rahasia kekokohannya ada di balik body.
"Kami mengembangkan sasis baru yang diperkuat dan cross section lebih besar untuk redefining toughness yang jadi konsep pengembangan," terang Hiroki Nakajima, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corp.
Pun begitu saat masuk ke kabin, layout dashboard nya tidak lagi sama dengan Kijang Innova atau Hilux, melainkan memiliki karakter sendiri. Untuk varian tertinggi VRZ terdapat akses wood panel di beberapa bagian seperti lingkar setir dan konsol tengah.
Posisi duduknya terasa pas di badan. Desain jok barus eperti memeluk tubuh, apalagi sudah dibalut kulit asli. Sayangnya, warna cokelatnya membuat aura modern dan mewahnya malah berkurang.
Tapi keseruan memang berasal dari mesin dan transmisi baru. Walau hanya dicoba di seputaran area mal, toh All New Fortuner mudah membuat ban belakang spin.
Kombinasi mesin dengan torsi 400Nm, plus girboks 6 percepatannya mengingatkan saat mengetes All New Kijang Innova. Seru dan tak mudah kehilangan tenaga. Pasang di mode berkendara Power Mode, injak pedal gas sembari tahan pedal rem. Pasti tak lama akan tercium bau asap dari ban yang terbakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar