Senin, 15 Februari 2016

Spion Avanza Anti Silau TAMBAH FITUR DAY/NIGHT REAR VIEW MIRROR PADA TOYOTA AVANZA 1.5 S 2010

Spion Avanza Anti Silau

TAMBAH FITUR DAY/NIGHT REAR VIEW MIRROR PADA TOYOTA AVANZA 1.5 S 2010


Sebenarnya desain awal avanza/xenia sudah cukup mumpuni dan lengkap baik dari safety hingga security. Namun dengan alasan bisnis atau untuk menekan harga, maka beberapa fitur ditiadakan sesuai kebijakan prinsipal tiap negara.

Salah satu dari sekian fitur yang dikurangi dari sebuah Avanza yaitu Day/Night mode atau anti glare atau anti silau pada spion dalam/tengah. Fitur ini berguna untuk menambah kenyamanan khususnya saat berkendara dimalam hari dengan mengurangi pantulan cahaya dari spion yang menuju kemata.


Terdapat tuas dibagian bawah dari rumah spion untuk memilih mode. Biasanya posisi normal/day tuas didorong kebelakang (kearah kaca) dimana menghasilkan pantulan normal pada cermin, sedangkan posisi night bekerja bila tuas ditarik kedepan (kearah wajah) dimana menghasilkan pantulan yang lebih sedikit sehingga terasa lebih gelap.

Untuk teknisnya bisa dicari melalui google... hehehe...
Intinya saya membutuhkan fitur ini karena cukup sering berkendara di tol malam hari akibat orang-orang yang kurang bijak menggunakan lampu jauh (high beam). Substitusi menggunakan part dari mobil lain pun saya coba lakukan. Berikut langkah singkatnya :

PERTAMA : Cari spion yang dudukannya sama atau mirip dengan spion bawaan. Banyak mobil yang bentuk spionnya sama/mirip walau beda merek dan tipe, paling warna yang berbeda. Kebetulan untuk Avanza lawas tidak ada yang sama kecuali All New Avanza yang mirip dengan kepunyaan Toyota Rush namun tanpa fitur dimaksud. Yang saya dapat kemungkinan punya keluarga Honda (soalnya ga nanya :D ) seharga 130 rb di duta mas fatmawati.




KEDUA : Mencangkokkan spion tadi pada dudukan bawaan Avanza yaitu pada rumah lampu kabin bagian depan, tentunya dengan melepas terlebih dahulu dari mobilnya (gampang lah ga usah dijelasin hehe..). Pada spion baru ini memiliki baut yang sama dengan bawaan mobil, hanya beda di titik dudukan yang mencegah tangkai bergeser. Sehingga diperlukan sedikit modifikasi dengan membuat coakan pada rumah lampu, hasilnya seperti berikut


dan hasilnya setelah terpasang pada rumah lampu kabin, seperti berikut



KETIGA : Setelah yakin telah terpasang dengan baik, langkah berikutnya merakit kembali kedalam mobil dengan cara kebalikan dari pembongkaran (pasti bisa lah). Pastikan kabel lampu dan baut terpasang dengan baik, kemudian duduk manis di kursi pengemudi dan atur posisi spion sehingga dapat melihat dengan baik ke kaca belakang (tuas dalam posisi normal). Kemudian coba tuas ditarik kearah wajah, maka seketika pandangan ke belakang menjadi samar. Bila kabin terang atau tes saat siang hari, maka yg terlihat pada cermin adalah plafon dengan samar-samar bayangan kaca belakang. Namun saat malam dan kabin gelap, maka cahaya dari lampu kendaraan dibelakang kita akan lebih redup.



Catatan : sebaiknya menambahkan pengganjal karet antara batang kaca spion dengan kaca depan (winshield) agar spion tak mudah bergetar. (gambar menyusul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar