Minggu, 28 Februari 2016

Cara Merawat Toyota FJ Biar Jago Nanjak

Spek standar dari Toyota FJ sudah mampu menaklukan medan berat.

Untuk itu, salah satu anggota dari komunitas roda empat 4x4, SOCA Solidarity, Andi Suhasjie, memberikan sejumlah tips agar kendaraan bisa kuat melumat berbagai medan terjal. 

Pria yang memiliki koleksi Toyota FJ itu membeberkan, mobil miliknya itu bisa dibilang bandel. Tak perlu banyak perawatan di sana-sini. Bahkan, dia mengklaim spek standar dari Toyota FJ sudah mampu menaklukan medan berat. 

"Toyota FJ sangat kuat untuk kaki-kakinya. Sementara perawatan paling di karet-karet pendukung dan juga sistim pengapian," papar dia. 

"Supaya kuat nanjak biasanya mengganti susunan giga gardan. Tapi gardan standar dari Toyota FJ juga sudah kuat nanjak," imbuh Andi. 

Selama memiliki Toyota FJ, ia mengklaim mobilnya hampir tidak rewel. Meskipun, dia mengakui sempat mengalami masalah pada cross joint saat meladeni rute touringdari Sukabumi menuju Ujung Kulon.

Namun, hal itu bisa ditangani dengan mencabut salah satu cross joint sehingga sistem penggera menjadi 4x3 dan dapat digunakan lagi.
"Digeber 100 km per jam juga masih bisa. Cuma pada saat tikungan aja harus ekstra hati-hati. Tapi masih aman," katanya. 

Di samping mobil harus berada dalam kondisi prima, Andi juga menggaris bawahi peran kunci pengendara. Sebab setiap medan memiliki teknik khusus. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar