Senin, 15 Februari 2016

TIPS CEK MOBIL BEKAS LEWAT KONDISI KARET KACA


Memilih mobil bekas memang perlu cermat melihat kondisinya. Termasuk kondisi karet kaca yang kerap terlewatkan. Inilah tips cek mobil bekas lewat kondisi karet kaca.
Karet-karet seperti yang ada di sekitar kaca dan pintu mobil, memang bukan komponen utama mobil. Namun ketika kondisinya sudah kurang baik atau bahkan rusak, jelas membuat pemiliknya merasa terganggu saat berkendara.

Ketika Anda ingin membeli mobil bekas juga perlu mencermati kondisi komponen yang satu ini baik karet balon maupun kanal (channel). Salah satu fungsi dari karet balon di kaca mobil antara lain untuk menahan air agar tidak masuk ke kabin mobil dan panel pintu.

Jika ada kebocoran tentu air bisa masuk ke dalam panel pintu dan akan merusak sistem power window, speaker dan actuator door lock. Fungsi lainnya adalah untuk meredam bising dari luar serta menahan angin masuk ke kabin.

Sebenarnya karet balon ini umur pakainya cukup lama, tapi kondisi lain bisa memperpendek umurnya. Misalnya ada kotoran seperti timbunan debu atau kerikil yang terselip di antara lipatan karet. Dengan seringnya buka-tutup pintu, kotoran itu bisa membuat karet jadi robek.
Karet bisa robek karena termakan usiaPemasangan karet pintu cukup mudah dan cepat
“Cara mengetahui karet yang masih bagus atau tidak gampang selain dilihat oleh kasat mata Anda bisa mengecek dengan cara olesi di salah satu sisi karet pintu bagian dalam atau luar dengan air atau body lotion jika pintu ditutup, air atau body lotion terlumuri secara rata berarti karet pintunya masih bagus jika tidak tandanya karet pintu sudah tidak bagus lagi,” ucap Anom, Service Advisor PT Restu Mahkota Karya Suzuki Authorized Dealer.

Ketika Anda menjumpai karet ini sudah ada yang rusak, tentu perlu penggantian. Anom menambahkan, untuk pemasangan karet balon ini relatif mudah karena di setiap karet sudah terdapat pijakan untuk menempelkan di pintu. jadi cukup mudah dan cepat dalam memasangnya.

Sementara karet kanal, selain menjaga agar kaca pintu samping tetap di posisinya dan tak bergetar, komponen ini juga berfungsi menahan rembesan air masuk ke kabin. Umumnya karet ini bisa bertahan 3-6 tahun.
Kebocoran karena kondisi karet pintu yang sudah tidak bagusContoh karet yang masih bagus
Pada permukaan bibir karet sebelah dalam yang langsung bersentuhan dengan kaca, terdapat lapisan bulu halus. Fungsinya untuk menyapu debu atau kerikil yang menempel di permukaan kaca, sehingga tak akan membaret permukaan kaca sewaktu jendela dibuka-tutup.

Namun, penyakit umum yang kerap terjadi adalah kotornya karet kanal akibat adanya penumpukan kotoran di celah kanal yang membuat kaca seret ketika dibuka-tutup dan membuat baret halus pada permukaan kaca.

Memang dengan kondisi itu karet masih bisa dibersihkan. Tapi ketika Anda menjumpai ada area bagian karet yang rusak seperti robek, maka perlu mempertimbangkan penggantiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar