Senin, 15 Februari 2016

CARA DETEKSI KERUSAKAN CATALYTIC CONVERTER DI MOBIL BEKAS




Cara deteksi kerusakan catalytic converter di mobil bekas tidaklah sulit. Pertama, Jika yang rusak sensornya, maka lampu check engine  akan menyala, kemudian diikuti penurunan performa mesin.

Kedua, turunnya performa mesin ditandai terjadinya penurunan putaran mesin yang tidak stabil. Dan saat pedal gas diinjak, mesin akan tersendat atau bahkan mati.

Mesin sampai mati karena volume injeksi bahan bakar dikurangi oleh komputer ECU demi keselamatan atau keamanan mesin. Pengurangan debit bensin sengaja dilakukan, karena jika ditambah hanya akan menyebabkan boros bbm, ruang bakar kotor, dan ujung-ujungnya polusi meningkat.

Performa menurun juga bisa dijadikan tanda katalis bermasalah. Itu karena gas buang terhambat akibat kerusakan catalytic converter.

Ketiga, deteksi kerusakan catalytic converter juga bisa dirasakan dari meningkatnya hawa panas di ruang mesin. Dan jika pedal gas diinjak penuh secara mendadak, maka di atas 4.000 rpm akan terdengar suara kebocoran gas buang yang keluar melalui flexible hose  di jalur knalpot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar