Senin, 15 Februari 2016

TIPS MEMANFAATKAN FITUR HILL START ASSIST CONTROL (HSC)


Berikut tips memanfaatkan fitur Hill Start Assist Control (HSC). Fitur ini mampu mencegah mobil mundur dan menabrak mobil belakang ketika mengalami macet saat jalan menanjak.
Terjebak macet di jalan menanjak tentu tidak diinginkan setiap pengemudi karena mempunyai risiko besar, seperti mobil mundur dan menabrak mobil belakang. Nah untuk mencegah hal itu terjadi munculah fitur Hill Start Assist Control yang mampu menjaga mobil agar tidak mundur ketika sedang menanjak.

“Fitur HSC akan otomatis aktif (otomatis tetap mengerem selama 2-3 detik setelah pedal rem dilepas) saat kendaraan berhenti di tanjakan, sehingga pengemudi bisa langsung menekan pedal gas saat memulai jalan (di tanjakan) tanpa harus menggunakan rem parkir,” papar Christian Abraham Gandawinata atau akrab disapa Age, Marketing Director PT Ford Motor Indonesia.

Fitur ini mendeteksi kemiringan bodi mobil saat berhenti di jalan menanjak dan sensor akan mengirim sinyal ke peranti keras sistem pengereman untuk menahan rem beberapa detik setelah pengemudi melepas pedal rem. Sehingga ketika Anda memindahkan kaki ke pedal gas untuk mulai menanjak, mobil tidak akan mundur karena tertahan beberapa detik.

Akan berbeda bila mobil yang tidak mempunyai fitur HSC ketika kaki berpindah dari pedal rem ke gas akan terasa sedikit mundur dan Anda biasanya harus mengaktifkan rem parkir. Perlu diperhatikan bahwa fitur ini tidak menahan mobil dalam waktu lama. Bila Anda ingin membebaskan kaki tanpa menginjak pedal, akan lebih bijak bila mengaktifkan rem parkir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar