Senin, 30 November 2015

Ini Risiko yang Dihadapi Saat Menyalip Beberapa Kendaraan Sekaligus

Sebaik apapun penglihatan Anda, selagi sedang berkendara asumsikan selalu bahwa sesuatu yang tak terduga sangat mungkin terjadi, khususnya ketika Anda sedang lengah atau salah perhitungan saat berusaha menyalip atau mendahului beberapa kendaraan sekaligus.
Ketika berkendara melalui jalan yang lurus, dengan kondisi mata yang sehat Anda dapat lebih mudah melihat dalam jarak pandang yang cukup jauh dan memprediksi situasi lalu lintas di depan. Walaupun demikian, jika Anda berniat untuk mendahului beberapa kendaraan sekaligus, lakukanlah dengan sangat berhati-hati. Pastikan pengemudi dari kendaraan-kendaraan yang Anda dahului mengetahui kehadiran Anda agar tetap berada di posisinya hingga Anda selesai mendahului.
Namun jika penglihatan Anda kurang maksimal, baik dari segi kesehatan ataupun jarak pandang, seperti sedang melalui jalanan yang berbelok-belok atau dipenuhi tikungan, sebaiknya segera urungkan niat Anda untuk menyalip, tertutama niat untuk menyalip beberapa kendaraan sekaligus.
Sebagai contoh, perhatikan bagaimana pengemudi Volvo pada video di bawah ini berusaha untuk menyalip seluruh kendaraan yang menghalangi jalannya. Tampak kehilangan kesabaran, tanpa mengindahkan keterbatasan jarak pandang, sang pengemudi segera tancap gas untuk mengejar posisi terdepan.
Kecerobohan yang dilakukannya tidak hanya membahaykan dirinya namun juga mobil lain di sekelilingnya. Dalam sekejap datang mobil lain dari arah berlawanan dan keduanya tidak memiliki ruang gerak yang cukup untuk menghindari satu sama lain sepenuhnya.
Kesalahan lain yang dilakukan pengemudi Volvo adalah menghindar ke arah bahu jalan yang justru seharusnya dapat dimanfaatkan mobil dari arah berlawanan untuk menghindari kecelakaan. Saksikan videonya di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar