Minggu, 15 November 2015

Perbandingan Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia

Perbandingan Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia

Dibawah ini akan mengemas tentang perbandingan dan persaingan positif antara Mobil Avanza, Xenia, Ertiga Dan Evalia. Dimana mobil-mobil tersebut jelas memiliki kehandalan dan keunggulan yang berbeda. Mari lihat dibawah.

Sudah delapan tahun melenggang sendirian, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bakal mendapat penantang pada 2012 ini. Tidak cumamendapat satu lawan baru, tapi sekaligus dua. Penantang pertama akan hadir dari kubu Suzuki dengan Ertiga yang hadir bulan April kemarin. Rival kedua masih berasal dari Indomobil Group. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dengan Nissan Evalia, Keduanya diproyeksikan sebagai backbone oleh masing-masing produsen. Sebuah lini produk yang bisa menyumbang sales volume besar agar bisa menggembungkan pundipundi uang pembuatnya. Konsumen pun bakal senang karena pilihan mobilnya semakin luas. mari kita liat komparasi virtual ketiga mobil tersebut. Kita bandingkan data spesifikasi masing-masing kendaraan untuk melihat kelebihan dan kekurangannya.
Nanti Anda akan melihat kekuatan sekaligus kelemahan masing-masing mobil berdasarkan analisis di atas kertas. Sekaligus menyaksikan kemiripan-kemiripan di antara mereka.

Suzuki Ertiga
DESAIN Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Dari sisi desain, Avanza-Xenia generasi kedua sudah dapat dilihat langsung di showroom dan di jalan raya. Dibanding generasi pertama yang lahir 2004, penampilan eksterior Avanza-Xenia baru benar-benar terlihat segar. Tak hanya bagian depan, desain windscreen dengan aerodinamika yang menunjang. Bila sebelumnya drag coefficient hanya 0,36, kini semakin baik dengan angka 0,32.

Khusus Veloz desainnya terlihat agresif, dinamis, dan kental dengan nuansa kencang. Lubang udara besar pada bumper dengan bentuk trapezoidal terlihat sangat kokoh. Desain gril Veloz pun berbeda. Adanya lis memanjang yang dilabur warna krom serta logo Toyota di tengahnya terlihat mewah. 

Modal Evalia adalah desain eksterior yang menarik. Penampilan dan wajahnya mirip sekali dengan sang kakak, Nissan Serena. Cuma Evalia terlihat lebih sporty akibat desain lampu dan gril dengan garis tajam. Meski untuk buritan, tidak sedikit orang yang kurang menyukainya lantaran model boxy-nya.

Sementara Suzuki Ertiga juga memiliki paket yang sangat menggoda konsumen di segmen gemuk ini. Modal per-tama adalah wajah yang tampan dengan penerapan sasis dari Suzuki Swift terbaru.

Tampangnya sepintas mengingatkan pada gacoan Suzuki lainnya, Splash. Suzuki tampaknya sukses menggabungkan elemen sporty, dinamis tanpa mengorbankan aspek elegan pada Ertiga. 

MPV ini dibekali headlamp lebar dengan elemen diamond cut kecil untuk memberikan efek pencahayaan yang lebih baik bagi pengemudi dan sein di spion. 

DIMENSI Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Dari ketiganya, Nissan Evalia punya postur paling besar dibanding Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza-Daihatsu Xenia. Panjang total Evalia adalah 4.400 mm, lebih panjang 135 mm dari Ertiga, dan 260 mm dari Avanza-Xenia.

Begitu juga dengan tingginya. Evalia mencatat angka 1.860 mm. Lebih jangkung 175 mm dari Ertiga dan 165 mm dari Avanza-Xenia. Untuk lebar Evalia sama dengan Ertiga, yaitu 1.695 mm. Sementara lebar Avanza-Xenia hanya 1.660 mm.

Bagaimana dengan Ertiga versus Avanza-Xenia? Ertiga lebih panjang 125 mm dan lebih lebar 25 mm dari ‘duet maut’. Ertiga cuma kalah jangkung 10 mm saja dari kedua mobil itu.

Untuk wheelbase yang paling panjang adalah Ertiga dengan angka 2.740 mm. Evalia ada di belakangnya karena kalah 20 mm saja. Avanza-Xenia kalah dari keduanya, dengan wheelbase 2.655 mm alias lebih pendek 85 mm dari Ertiga dan 65 mm dari Evalia.

Wheelbase Ertiga yang panjang berefek pada legroom baris kedua dan ketiga

INTERIOR Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Berdasar data-data dimensi kendaraan yang telah dijelaskan lebih dahulu, kita akan analisis seberapa lapang kabin Evalia, Ertiga, dan Avanza-Xenia.

Sebagai yang paling besar, Evalia memiliki kabin paling lapang. Apalagi interiornya didukung oleh lantai kabin yang rata akibat pemakaian per daun (leaf spring) di roda belakang. Rumusan ini akan bisa membuat Evalia menyuguhkan ruang kepala dan kaki paling luas. 

Kondisi kabin yang lapang ini membuat PT NMI berani menyodorkan varian dengan jok baris kedua model captain seat layaknya MPV mewah. Menyediakan jok baris kedua dengan lorong di tengah ini belum bisa dilakukan oleh Ertiga maupun Avanza-Xenia.

Dengan bodi dan wheelbase yang lebih panjang dari Avanza-Xenia, Ertiga akan memiliki legroom baris kedua yang sedikit lebih luas. Headroom Ertiga tak bakal berbeda jauh dari Avanza-Xenia karena perbedaan tinggi mobil hanya 10 mm.

Dimensi Evalia yang besar menghasilkan kabin luas dengan lantai yang rata

Interior Avanza-Xenia baru lebih lapang dari generasi sebelumnya

Avanza punya pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc, sementara Xenia 1.000 cc dan 1.300 cc

MESIN, TRANSMISI, POWER-TO-WEIGHT RATIO
Di luar negeri Nissan Evalia peminum bensin dibekali mesin berkapasitas 1.600 cc (HR16DE). Namun, untuk Indonesia mobil ini akan memakai dapur pacu berkode HR15DE yang sudah lama dipasang di Grand Livina maupun Livina. Artinya Evalia diprediksi akan mempunyai tenaga 109 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 148 Nm/4.400 rpm.

Kalau Suzuki Ertiga mengandalkan mesin baru yang diberi kode K14B. Jantung besin berformat 4 silinder 16 valve berkapasitas 1.373 cc ini menghasilkan tenaga 95 dk/6.000 rpm dan torsi 130 Nm/4.000 rpm. Rasio kompresinya 10:1 dengan bore x stroke sebesar 73 x 82 mm.

Jika dua penantangnya hanya dipasarkan dengan satu pilihan mesin, Avanza-Xenia punya mesin lebih banyak. Avanza dipersenjatai mesin 1.495 cc (3SZ-VE) dan 1.298 cc (K3-VE). Sementara Xenia selain mesin 1.298 cc (K3-VE), juga tersedia kapasitas 989 cc (EJ-VE). Untuk mesin 1.500 cc, tenaga yang dihasilkan 104 dk/6.000 rpm, dan torsi puncak 136 Nm/4.400 rpm. Sementara mesin 1.300 cc mampu menghasilkan tenaga 92 dk/6.000 rpm, dan torsi 116 Nm/4.000 rpm.
Mesin baru milik Ertiga diambil dari keluarga K Series Suzuki
Evalia menggunakan mesin yang sama dengan keluarga Livina

TRANSMISI Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Transmisi Toyota Avanza-Daihatsu Xenia ada dua pilihan, yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Resep serupa juga akan digunakan Nissan Evalia. Khusus Suzuki Ertiga hanya tersedia transmisi manual 5-speed saja.

POWER-TO-WEIGHT RATIO Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Bobot kosong Toyota Avanza-Daihatsu Xenia sekitar 1.065 kg (1.3 M/T). Kalau Ertiga bobot bersihnya sekitar 1.160 kg (GA), 1.175 kg (GL) dan 1.180 kg (GX). Sementara Evalia sekitar 1.333 kg.

Berdasar data ini kita bisa menghitung power-to-weight ratio (PWR) masing-masing kendaraan. PWR digunakan untuk mengukur performa aktual mesin dengan cara membagi tenaga mesin dengan bobot kendaraan.

Di Evalia setiap 1 dk tenaga yang dihasilkan mesin membawa beban sebesar 12,2 kg. Ertiga berada di antara 12,2 kg/dk hingga 12,4 kg/dk. Sedangkan PWR Avanza-Xenia 1.3 11,5 kg/dk.

Tapi komposisi ini belum menjamin performa mobil secara menyeluruh. Faktor perbandingan gigi transmisi, penggerak, dan aerodinamika akan mempengaruhi hasil akhirnya.


SUSPENSI, Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Suspensi depan ketiga mobil ini punya sistem serupa, yaitu McPherson strut. Namun, untuk roda belakang konstruksinya berbeda-beda.

Toyota Avanza-Daihatsu Xenia mengandalkan 4-link with lateral rod and coil spring lantaran mengadopsi penggerak roda belakang. Sementara Suzuki Ertiga memakai torsion beam with coilspring. Beda lagi dengan Nissan Evalia yang mengandalkan per daun (leaf spring).

Mana yang lebih empuk tidak bisa dilihat dari jenis sistem yang digunakan. Performa suspensinya baru bisa dirasakan dengan mengendarainya. Soalnya kelembutan bantingan suspensi dipengaruhi banyak hal seperti ukuran ban yang digunakan, geometri, sokbreker, dan spring rate. Bahkan ketebalan busa jok pun turut memberi andil terhadap kenyamanan berkendara.

VARIAN Toyota avanza, Daihatsu xenia, Suzuki ertiga, Nisan evalia

Suzuki Ertiga ditawarkan dalam 3 varian, yaitu GA, GL dan GX. Untuk tipe GA harganya Rp 143 juta, GL dilepas Rp 153 juta dan GX Rp 165 juta. Semuanya ini merupakan harga inden on-the road wilayah DKI Jakarta yang berlaku untuk pemesanan hingga 21 April 2012.

Toyota Avanza punya 7 varian dengan 2 pilihan mesin dan transmisi. Harga jualnya mulai Rp 144 juta sampai Rp 180,2 juta. Daihatsu Xenia punya lebih banyak lagi varian. Ada sekitar 18 varian yang ditawarkan ke pasar. Harganya terpentang Rp 126,6-179,3 juta.

Belum ada konfirmasi resmi untuk detail Nissan Evalia. Namun, dari penelusuran kami, kelihatannya ada 3 varian: yaitu basic, middle dan high. Hanya ada satu pilihan mesin, dengan transmisi manual dan otomatis. Belum ada konfirmasi harga jual, prediksinya sekitar Rp 150-180 juta.


Kesimpulan
Tentu semua produk ini memiliki beragam kelebihan dan kekurangan. Tinggal konsumen memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan produk yang telah di jual saat ini. Tapi mereka kini memiliki daftar inden yang tidak sedikit. Beragamnya pilihan pada dapur pacu dan varian yang dimiliki menjadi poin penting pada konsumen Indonesia. Apalagi generasi kedua ini telah dikembangkan untuk memuaskan pasar Indonesia.

Sedangkan Suzuki Ertiga menjadi alternatif lain. Meski belum diluncurkan, konsumen sudah mendapat harga pasti dan dapat memantau waktu pengiriman via website. Daya tariknya terletak pada model, fitur keamanan dan pengerak roda depan. Dimensinya masih lebih besar dari Avanza maupun Xenia, meski kelemahannya terdapat pada tidak tersedianya pilihan transmisi matik.

Nissan Evalia menawarkan kabin lapang dengan pintu geser. Dapur pacu serupa dengan Grand Livina akan mendapat sedikit sentuhan baru agar mampu mereduksi kerugian akibat desain bodi yang kurang aerodinamis. Penerapan per daun menjadi solusi cerdas untuk memperoleh kestabilan optimal dari desain boxy yang mengambil basis dari platform Grand Livina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar