Minggu, 15 November 2015

Ketangguhan Mesin Toyota New Alphard Hybrid

Ketangguhan Mesin Toyota New Alphard Hybrid

02 September 2015


Ketangguhan Mesin Toyota New Alphard Hybrid

Toyota New Alphard Hybrid yang dipamerkan Toyota di pameran GIIAS 2015, memiliki mesin berbeda dengan mobil hybrid Toyota lainnya seperti Camry Hybrid dan Prius. 

Apa ya kira- kira yang membuat mesin mobil satu ini berbeda dengan mobil hybrid lainnya? 

Rupanya mobil Toyota Alphard Hybrid ini memiliki tambahan motor listrik penggerak roda belakang, Jadi New Alphard Hybrid dapat dikatagorikan sebagai mobil berpenggerak empat roda (4x4).

Tak berbeda dengan Alphard 2.5G, Alphard Hybrid memiliki mesin 2AR-FXE. Tetapi terdapat tambahan dua motor listrik yang berada di bagian depan dan belakang mobil.

Dilengkapi dengan teknologi e-Four. Sistem hybrid mobil ini akan mengalihkan tenaga penggerak dari mesin ke motor listrik sesuai dengan kecepatan kendaraan. 

Motor listrik juga akan mengambil alih tenaga penggerak ketika mobil melambat lalu sistem akan mengalihkan ke mesin berbahan bakar minyak, saat membutuhkan tenaga lebih besar atau kecepatan tinggi.

"Mesinnya lebih canggih. Cara kerjanya, saat start-up atau mobil mulai dijalankan, motor listrik di belakang lah yang bekerja untuk memberikan torsi di roda belakang untuk menggerakkan mobil hingga kecepatan rendah. Namun saat mobil sudah berjalan dengan kecepatan konstan atau tinggi, motor listrik di penggerak roda depan yang gantian bekerja atau two wheel drive," jelas General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi.

Dadi juga menambahkan bahwa cara kerja tersebut, berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak. Lalu ketika jalan menanjak, kembali motor listrik di belakang bekerja untuk memberi torsi demi membantu traksi roda belakang. Penggerak roda belakang memang lebih baik digunakan di jalan menanjak. Terdapat sensor otomatis membagi torsi di roda belakang, sehingga tetap aman dan efisien.

New Alphard Hybrid berpenggerak utama motor listrik. Demi efisiensi bahan bakarnya, output maksimalnya lebih rendah dari mesin bensin, yakni 152 ps/6.000 rpm. Sementara torsi motor listrik di belakang tercatat 68 ps, sedangkan di depan 143 ps.

Beberapa perbedaan lainnya yang dimiliki Alphard Hybrid adalah aksen krom di bawah gril, ukuran pelek 17 inci, serta suspensi belakang yang menggunakan independen dan double wishbone. 

Perbedaan fitur yang dimiliki Toyota New Alphard Hybrid ini tentunya membuat mobil satu ini menjadi lebih nyaman untuk dikendarai. 
- See more at: http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/ketangguhan-mesin-toyota-new-alphard-hybrid/#news

Tidak ada komentar:

Posting Komentar